Dipersip Provinsi Riau Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Tahun 2019 se Provinsi Riau

Kamis, 25 Juli 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau menggelar acara Lomba Bercerita Tingkat SD/MI Tahun 2019 se Provinsi Riau bertempat di ruang bedah buku lantai 3 Perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau. Acara ini diikuti 11 Siswa siswi tingkat sekolah SD/MI baik negeri ataupun swasta dari Kab/kota se Provinsi Riau.

Acara ini dihadiri oleh Pejabat Eselon 3 dan 4 Dipersip Provinsi Riau, Pejabat Fungsional Pustakawan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kota se Provinsi Riau, Dewan Juri, dan Tamu undangan lainnya. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj Rahima Erna, M.Si. Dalam sambutannya Rahima berharap lomba ini menjadi ajang untuk memotivasi siswa siswi untuk lebih gemar membaca dan membudayakan konten lokal dengan menceritakan kembali cerita rakyat Melayu dengan lebih menarik, dan kreatif. Pemenang lomba bercerita tingkat Provinsi ini nantinya akan mewakili Provinsi Riau ke Tingkat Nasional dalam lomba yang sama. Semoga Pemenang Pertama tingkat Provinsi bisa menjadi pemenang dan membawa harum nama Provinsi Riau dikancah Nasional nantinya, harap Rahima. Acara ini merupakan acara rutin dilaksanakan tiap tahunnya dari kegiatan APBN Perpustakaan Nasional RI. Adapun Juri dalam lomba ini yaitu Dr. Hj. Rahima Erna., M.Si selaku ketua Dewan Juri, Hj. Herayulwita, M.Si selaku Sekretaris dan Delviana Fransiska, S.Sos., M.I.Kom selaku Anggota.

Acara berlangsung dengan meriah, peserta lomba menampilkan cerita rakyat dari Riau. Peserta sangat antusias dalam berlomba, mereka menampilkan kemampuannya yang terbaik secara kreatif dengan alat -alat pendukung lainnya untuk menunjang penampilan dalam bercerita. Ada beberapa kategori penilaian yang disampaikan oleh dewan juri seperti penampilan, kemampuan membaca, dan penguasaan materi. Peserta Tahun ini penampilannya luar biasa, sehingga Juri harus kerja keras lebih untuk memutuskan pemenangnya. Acara Penutupan jam 14.30 oleh Kadis Dipersip Provinsi Riau, sekaligus pengumuman pemenang lomba oleh salah satu dewan juri yaitu Hj. Herayulwita, M.Si. Adapun pemanang lomba bercerita Tingkat SD/MI se Provinsi Riau Tahun 2019 sebagai berikut:
Juara I Elsa Sari Gea Asal Kabupaten Siak
Juara II Viki Nikmatul Ulya Asal Kabupaten Rokan Hulu
Juara III Adzkiya Hibatullah Asal Kabupaten Indragiri Hulu
Harapan I Tengku Tsalisa Safia Asal Kabupaten Pelalawan
Harapan II Rabban Razik Asal Kota Dumai
Harapan III Freya Adyama Tan Asal Kota Pekanbaru
Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan berlaku sejak tanggal ditetapkan. Selamat kepada pemenang, dan kepada peserta lainnya anggaplah ini sebagai kemenangan yang tertunda.