Pengunjung CFD Ramai Menonton Pekan Aksi Riau (PAR) yang Heboh dan Meriah

Minggu 13 Oktober 2019, Kegiatan rutin setiap minggunya di CFD Jl. Cut nyak dien Pekanbaru yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan Provinsi Riau bekerjasama dengan Diskominfotik Provinsi Riau dan Forum Komunikasi Riau menyelenggarakan PAR (Pekan Aksi Riau) “Aktualisasi, Informasi dan Literasi”. Kegiatan yang kali kedua ini tak kalah hebohnya dengan yang pertama. Kali ini penampilan khusus dari siswa siswi SMN 6 Pekanbaru, dengan segudang bakat dan kreatifitasnya ditampilkan. Kepala sekolah SMPN 6 Pekanbaru Hj. Yulia Fitri Rozi langsung mendampingi siswa siswi nya tampil. Kreatifitas siswa-siswi SMPN 6 yang tergabung pada kelas Ekskul, kelas VII hingga kelas IX menyuguhkan penampilan diantaranya : 1. Kampanye serta Sosialisasi 5 sadar kelas Kominfo, 2. Tim Pramuka, 3. Tari Rentak Bulian, 4. Puisi, lanjut dalam sebuah cerita, 5. Aksi Pencak Silat, 6. Penampilan Musik Akustik. Selain penampilan bakat dari siswa siswi SMPN 6 juga ada penampilan yang tak kalah hebohnya yaitu dongeng bersama Kak Agus Ds Pendongeng Nasional. Selain itu penampilan khusus Aksi Millenial Farid Jhonatan Duta Lingkungan Pekanbaru dan Bujang Riau menampilkan musik akustik dan membagikan bibit pohon matoa dan sirsak kepada pengunjung yang memberikan sampah plastiknya akan diganti dengan satu bibit pohon.

Kepala Sekolah SMPN 6 Pekanbaru Hj. Fitra Yulia Rozi,MPd bangga dan senang telah diberikan ruang serta kesempatan untuk mempromosikan sekolahnya kepada masyarakat di Pekanbaru dengan menampilkan kreatifitas siswa siswinya. Dampak dari kegiatan ini, sangat bagus dan positif sekali, karena apabila kita dapat menerapkan 5 sadar ini akan membuat anak-anak akan terbuka cakrawala, dimana ada hal tertentu yang anak kita tidak boleh lakukan, ujar Fitra.

Penutup acara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna mengucapkan terima kasih kepada semua pengisi acara PAR, Pejabat struktural yang hadir Ibu Sri Mekka, Fungsional Pustakawan Hj. Herayulwita, Sarmiyati dan Delviana Fransiska dan mitra kerja serta Panitia acara yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam mensukseskan acara ini. Kegiatan kita pagi ini merupakan pengenalan Literasi, dimana literasi ini juga bagi masyarakat luas, anak-anak generasi milenial yang cerdas, dan juga sebagai Transformasi Inklusi Sosial, yang sejahtera, ujar Rahima.

Jadi kita promosikan kegiatan Literasi ini, untuk anak-anak milenial dengan melibatkan berbagai partisipan, jadi ajang kreatifitas dan aktivitas yang positif intinya kita punya visi bagaimana mereka sadar untuk berliterasi dipandang secara luas. Literasi bukan sekedar Literasi membaca, menulis, juga harus melek juga Literasi Budaya, Literasi Teknologi, Literasi Keuangan dan Literasi Kewarganegaraan. Harapan kedepannya generasi muda millenial yang ada di masyarakat dapat meningkatkan serta membudayakan literasi Cerdas dan Mandiri, harap Rahima.

Berikut roundown acara sesi II PAR:

1. Senam dari FKR (Forum Komunikasi Riau)
2. Kampanye 5 sadar dari SMP DI Riau (SMPN 3, SMPN 6 dan SMPN 13).
3. Sambutan Kepala Sekolah SMPN 6 Pekanbaru (mewakili Sekolah Pelopor KELAS KOMINFO SMP sederajat).
4. Tari Tradisional AKSI KELAS KOMINFO SMP.
5. Akustik SMP Penyelenggara Kelas Kominfo.
6. AKSI (Aktualisasi & Informasi) Bank Riau.
7. Spekta Seni Literasi (Cerita dalam Puisi)
8. AKSI (Aktualisasi & Informasi) LAMBERZO (Laman Bermain Zaman Old oleh Bunda Embung Megasari Ahmadsyahharrofi
9. Aksi Dongeng Nasional Kak Agus Ds
10. Aksi Silat Oleh Kelas Kominfo SMP.
11. Aksi Millenial Dara Rana Safira (Mhs UIN)
12. Aksi Millenial (Farid Jhonatan)
13. Aksi Musikalisasi oleh Kelas Kominfo SMP.
14. Aksi Millenial dari Rana Safira.
15. PENUTUP PUNCAK Perform KEMESRAAN bersama Pengisi Acara dan Kadispersip Riau (Sambutan)