Sempena Hari Buku Nasional Tahun 2019 Dipersip Provinsi Riau menyelenggarakan beberapan kegiatan

Hari Buku Nasional tahun 2019 bertepatan pada tanggal 17 Mei 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau turut memeriahkannya denganĀ  beberapa kegiatan seperti : bimtek mendongeng untuk kader posyandu se Provinsi Riau, Senin 20 Mei 2019, hari Rabu 22 Mei 2019 kegiatan Bimtek Pengelola Perpustakaan Sekolah bekerja sama dengan Dinas perpustakaan dan arsip Kota Pekanbaru, dan hari Kamis 23 Mei 2019 Pembinaan Komunitas Literasi untuk Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Riau. Tema yang diusung pada kali ini yaitu Belajar sepanjang hayat menuju Indonesia Gemar Mambaca.

Bimtek mendongeng berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau menghadirkan Narasumber Kak Agus Ds (Pendongeng Nasional), peserta lebih kurang seratus (100) orang ini sangat antusias mendengarkan pemaparan Kak Agus Ds yang diselingi dengan dongeng-dongeng yang cukup menghibur peserta.

Sempena Hari Buku Nasional Tahun 2019 yang dimulai dengan kegiatan Bimtek mendongeng ini dibuka oleh Kadis Dipersip Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si. Dalam sambutannya Rahima Erna memaparkan bahwa begitu banyak manfaat dalam mendongeng, yaitu untuk anak dapat :
1. Mengasah daya pikir dan imajinasi
2. Menanamkan berbagi nilai dan etika
3. Menumbuhkan minat baca

untuk itu agar terjalin komunikasi yang baik antara ibu dan anak maka kegiatan mendongeng ini kita hadirkan di posyandu-posyandu didaerah masing-masing. Supaya ibu dan anak sadar akan pentingnya kehadiran Posyandu dan pentingnya menumbuhkan minat baca anak maka kita hadirkan buku-buku bacaan ringan untuk ibu dan anak dan diselingi dengan kegiatan mendongeng yang menghibur. Kedepan akan hadir generasi sehat dan cerdas, harap Rahima.